Monday, April 11, 2016

SPSS



SPSS adalah software statistik yang dibuat oleh Norman H Nie, Hadlai Hull dan Dale H Bent dari Stanford Uiversity pada tahun 1968. SPSS yang merupakan kepanjangan dari Statistical Package for Social Science, pada mulanya memang digunakan untuk menganalisis data-data sosial kemasyarakatan. SPSS banyak digunakan oleh peneliti pasar, peneliti kesehatan, survey, penelitian pendidikan, pemasaran,dll. Seiring dengan berkembangnya waktu, SPSS tidak hanya digunakan pada ilmu sosial saja. Berbagai disiplin ilmu seperti ilmu sains pun banyak menggunakan SPSS sebagai software pengolah data. Karena itulah, kepanjangan SPSS pun berubah menjadi Statistical Product and Service Solution. Dan sekarang SPSS sudah berkembang hingga versi terbaru yaitu SPSS versi 22 (http://datastatistik.com).
SPSS merupakan salah satu aplikasi yang biasa digunakan oleh para peneliti atau mahasiswa untuk melakukan analisis dan pengujian data statistik. Walaupun aplikasi SPSS ini tergolong mudah untuk digunakan, pengguna juga harus mengetahui dasar-dasar ilmu statistik terlebih dahulu agar pengguna dapat memahami darimana hasil-hasil pengolahan data tersebut didapat.
Statistik yang termasuk software dasar SPSS diantaranya adalah Statistik Deskriptif (Tabulasi Silang, Frekuensi, Deskripsi, Penelusuran, Statistik Deskripsi Rasio), Statistik Bivariat (Rata-rata, t-test, ANOVA, Korelasi/bivariat, parsial, jarak, Nonparametric tests), Prediksi Hasil Numerik (Regresi Linear), Prediksi untuk mengidentifikasi kelompok (Analisis Faktor, Analisis Cluster (http://www.kompasiana.com).

            Secara garis besar, cara kerja SPSS terbagi atas 3 tahapan yaitu:
1. Input data.
Input data merupakan proses awal dalam menggunakan SPSS yakni dengan memasukkan data. Data dimasukkan dalam Data View, untuk pengaturan dan memberi nama variabel pada Variable View.
2. Proses
Proses merupakan tahapan pengolahan data yang telah dimasukkan. Pengolahan data akan diproses sesuai dengan jenis analisis yang telah dipilih.
3. Output / hasil analisis
Output merupakan hasil dari proses analisis data yang telah dilakukan. Hasil analisis dapat berupa angka yang tersusun dalam tabel maupun grafik sesuai jenis analisis yang digunakan. Berikut contoh output/hasil analisis menggunakan SPSS:







No comments:

Post a Comment